Ka'bah Dikelilingi Kurang dari 600 Ribu Jamaah Haji, Ini Kisah dari Mbah Moen

nu.or.id
25-06-2020 15:38:26 WIB
Ka'bah Dikelilingi Kurang dari 600 Ribu Jamaah Haji, Ini Kisah dari Mbah Moen

Suatu hari KH Maimoen Zubair membaca kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Al-Ghozali. Sampailah beliau pada redaksi:

 
قال صلى الله عليه وسلم: إن الله عز وجل قد وعد هذا البيت أن يحجه كل سنة ستمائة ألف، فإن نقصوا أكملهم الله عز وجل من الملائكة

Dalam redaksi ini beliau menjelaskan bahwa Allah Swt telah berjanji kepada Ka'bah bahwa setiap tahunnya akan dikelilingi dengan berhaji oleh orang sebanyak enam ratus ribu. Bila kurang dari jumlah tersebut, Allah akan menggenapkan kekurangan tersebut dengan Rijalul Ghaib atau Malaikat. Bila lebih dari jumlah itu, maka Allah akan melakukan sesuai dengan kehendaknya.

Dalam redaksi ini beliau menjelaskan bahwa Allah SWT telah berjanji kepada Ka'bah bahwa setiap tahunnya akan dikelilingi dengan berhaji oleh orang sebanyak enam ratus ribu.

Bila kurang dari jumlah tersebut, Allah akan menggenapkan kekurangan tersebut dengan Rijalul Ghaib atau Malaikat. Bila lebih dari jumlah itu, maka Allah akan melakukan sesuai dengan kehendaknya.

BACA JUGA :
  1. TikTok Dukung KOMINFO Kuatkan Literasi Digital Untuk Masyarakat Indonesia
  2. Baca Kisah Sahabat Rasul yang Selalu Membuat Anaknya Gembira
  3. Sejarah Kota Palembang, Wong Kito Mungkin Banyak yang Belum Tahu
  4. Hukum Berbicara ketika Sedang Berwudhu
  5. Makan Sayur Bayam dengan Lauk Tempe Goreng apakah Berbahaya?
  6. Jumat Barokah Lubuk Raja Yang Masih Tetap Eksis Ditengah Krisis
"Nek luwih, Akeh sing mati". (Bila lebih dari jumlah itu, maka banyak yang mati)," jelas Mbah Maimoen Zubair mengutip dawuh Mbah Ahmad bin Syu'aib, kakek beliau.

Peristiwa haji dengan jamaah kurang dari enam ratus ribu pernah dialami langsung oleh Mbah Maimoen pada tahun 1950 saat beliau berhaji pada umur 23 tahun. Kala itu Mbah Maimoen berhaji bersama KH Ahmad bin Syu'aib, kakek beliau dari jalur ibu.

Pada waktu itu Mbah Ahmad bin Syu'aib tiap malam selalu melakukan thawaf dan beliau mendapati banyak Rijalul Ghaib ikut thawaf. "Dan bila orang yang haji kali ini kurang dari enam ratus ribu, maka akan banyak Rijalul Ghaib yang turun untuk berhaji, wali-wali Allah akan banyak terlihat," kata Gus Taj Yasin Maimoen, Selasa (23/6) mengisahkan hal ini melalui akun Facebooknya.

Selain sebagai Fardu Ain bagi setiap orang yang mampu dan belum berhaji, ibadah haji juga merupakan ibadah fardu kifayah bagi seluruh orang Islam di penjuru dunia. Hal ini lanjutnya, dari segi menghidupkan Ka'bah dengan ibadah thawaf. "Bila sudah ada satu orang saja di dunia ini yang melakukan haji, maka fardu kifayah tersebut telah gugur dari seluruh orang di dunia," jelasnya.

Walaupun saat ini Pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan haji pada tahun 2020, umat Islam di Indonesia tetap tidak terkena dosa karena sudah ada negara lain yang membuka pintu haji walaupun terbatas.

"Dan kita akan menyaksikan peristiwa turunnya Rijalul Ghaib yang mungkin seumur hidup kita hanya terjadi satu kali. Peristiwa itu dulu terjadi pada tahun 1950, dan kemungkinan akan terjadi tahun 2020 ini, yaitu tujuh puluh tahun setelah peristiwa yang dialami," pungkasnya.

Pembatasan Haji 2020 Pada tahun ini, Pemerintah Arab Saudi membuka haji terbatas dan hanya untuk warga Arab Saudi saja. Itu pun dengan persyaratan yang sangat ketat. Sehingga dimungkinkan jumlah orang yang haji kali ini kurang dari enam ratus ribu.

 
 
 

Related Post

Usaha Modal Kecil di Desa yang Mudah Dilakukan, Bisa Menjadi Inspirasi

E-GEBER.COM

Anak Panas 39 Derajat Celcius? Segera Lakukan ini

SEHATQ

Belum Taukan Kalau Ada Es Krim Rasa Petai, Siapa Mau Coba?

MSN.COM

Studi: Minum Kopi Secara Teratur Mengurangi Risiko Aritmia

SUARA.COM

Sejarah Singkat Pengembangan Kawasan Transmigrasi Batumarta

TEXT-ID

Mayoritas, Pandangan Mazhab Syafi'i tentang Qurban

MSN.COM

Advertise

NU CARE 20-06-2020 Yok Salurkan Fidyah Kita Ke NU Care-LAZISNU
Assalamu'alaikum, Sahabat Peduli !!!Bagi saudara-saudari muslim yang sedang hamil, sakit parah, tua

Tren Konten

Lowongan Kerja JNE Express

DIAN RAHAYU

Lowongan Kerja PT Bank BCA Agustus 2021

DIAN RAHAYU

Lowongan JNE Express Terbaru 2021

FESTMAGZ

Terbaru

Insurance regulates, supervises and protects

OJK

14 Lowongan Kerja di Indofood untuk Lulusan SMA/SMK, D3, dan S1

KOMPAS

Makan Sayur Bayam dengan Lauk Tempe Goreng apakah Berbahaya?

ALA DOKTER

Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur untuk Santap Malam Spesial

KULINER INDONESIA