Indonesia Lagi Gandrung Sepeda, Yok Intip Beijing Terapkan Bike Sharing

Detik
04-07-2020 10:44:26 WIB
Indonesia Lagi Gandrung Sepeda, Yok Intip Beijing Terapkan Bike Sharing

Terbaru, pemanfaatan teknologi informasi sudah dapat dilakukan untuk bike sharing. Beberapa negara maju sudah mengenalkan jasa berbagi sepeda. Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno penggunaan jasa berbagi sepeda bisa diperluas seiring dengan meningkatnya minat masyarakat saat ini.



"Menggunakan kartu cerdas (smart card) dengan RFID yang bisa menyimpan identitas pengguna. Meminimalkan kehilangan sepeda, karena identitas sudah tersimpan. Struktur biaya yang mendorong perjalanan pendek," ujar Djoko melalui keterangan resmi, Jumat (3/7/2020).

Dengan bike-sharing orang-orang bisa menemukan sepeda, pergi ke tujuan mereka masing masing, dan bisa meninggalkannya untuk pengguna berikutnya.

Beijing menjadi salah satu kota dengan 11 operator bike-sharing. Djoko menyebut hal ini dikarenakan pemerintah juga membuat infrastruktur yang mendukung.

"Terpenuhinya fasilitas yang diperlukan, yaitu jalanan di Kota Beijing terdapat trotoar yang cukup luas dan juga terdapat jalur khusus untuk pengguna sepeda baik itu sepeda konvensional," ucap Djoko.

Selama dua tahun terakhir, Pemerintah Kota Beijing serius mengembalikan kejayaan sepeda, sehingga banyak pengusaha startup seperti OFO dan Mobike yang memanfaatkan kesempatan untuk dapat menyediakan fasilitas persewaan sepeda menggunakan sistem bike sharing.

Terdapat beberapa stasiun pemberhentian sepeda dari berbagai penyedia jasa di berbagai sudut Kota Beijing. Pembayaran sewa sepeda dapat dilakukan hanya dengan top up melalui aplikasi penyedia jasa biaya yang dikeluarkan 1 Yuan (Rp 2.000) per jam.

Tak hanya itu, jalur bike sharing di Kota Beijing terpisah-pisah sebanyak 11 penggalan ruas jalan dengan total sepanjang 53,5 km. Ada jalur khusus untuk sepeda sepanjang 6,5 km. Jalur ini khusus untuk pesepeda konvensional, bahkan pengguna sepeda listrik dilarang memasuki jalur tersebut. Hal ini dilakukan untuk memangkas waktu tempuh para pesepeda.

Di Indonesia sudah hadir start up berbagi sepeda GOWES. Tetapi hal ini tidak dibarengi dengan pertumbuhan jalur sepeda yang signifikan.

Bahkan menurut Intitute for Transportation and Development Policy (ITDP) tren peningkatan sepeda meningkat 1000 persen di Jakarta.

Djoko mengatakan untuk membangun jalur lebih cocok menggunakan kewenangan pemerintah daerah.

"Pembangunan infrastruktur jalur sepeda akan banyak dilakukan oleh pemda. Pasalnya, jalan dengan kewenangan pemda (kota/kabupaten/provinsi) lebih cocok untuk mewujudkan jalur sepeda berkeselamatan." ungkap Djoko.

Tetapi menurutnya, hal lain yang perlu diperhatikan ialah kepekaan pemerintah untuk memberikan keamanan bagi pesepeda.

Di negara lain seperti Kota Brussel (Belgia) menetapkan seluruh pusat kota diprioritaskan bagi pesepeda dan pejalan kaki. Walikota London (Inggris) Sadiq Khan memperluas trotoar dan menambah jalur sepeda untuk mengantisipasi pembatasan jumlah penumpang bus (berkurang 15 persen) dan kereta (berkurang 15 persen)

"Selanjutnya menanti kepala daerah yang peduli untuk membangun infrastruktur sepeda di daerah, sehingga sepeda menjadi salah satu alat transportasi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memulai membangun jalur sepeda sepanjang 65 km di tahun 2019," kata dia.

 
 
 

Related Post

Gubernur Sumsel: Ada Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Motor dan Mobil Mulai 1 Agustus

TRIBUNNEWS

Tanggan 10 Januari Peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon

WIKIPEDIA

Lowongan Kerja PT Pos Indonesia Lulusan SMA SMK D3 September 2020

LOKERTERPADU

Bak Dewa Penolong Ekspor Sawit Seret Pasar Domestik

INILAH.COM

Harga Karet Per Tanggal 02 Juli 2020 di Wilayah Sumatera Selatan

SUMSELPROV

Binsar Pandjaitan Ingin Industri Kecil Menengah Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

MSN.COM

Advertise

NU CARE 20-06-2020 Yok Salurkan Fidyah Kita Ke NU Care-LAZISNU
Assalamu'alaikum, Sahabat Peduli !!!Bagi saudara-saudari muslim yang sedang hamil, sakit parah, tua

Tren Konten

Lowongan Kerja JNE Express

DIAN RAHAYU

Lowongan Kerja PT Bank BCA Agustus 2021

DIAN RAHAYU

Lowongan JNE Express Terbaru 2021

FESTMAGZ

Terbaru

Insurance regulates, supervises and protects

OJK

14 Lowongan Kerja di Indofood untuk Lulusan SMA/SMK, D3, dan S1

KOMPAS

Makan Sayur Bayam dengan Lauk Tempe Goreng apakah Berbahaya?

ALA DOKTER

Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur untuk Santap Malam Spesial

KULINER INDONESIA