Sekolah dan Kuliah Gratis, Pemprov Anggarkan Rp20 Miliar di 2020

SumselUpdate
13-07-2020 22:57:02 WIB
Sekolah dan Kuliah Gratis, Pemprov Anggarkan Rp20 Miliar di 2020
 
Wakil Gubernur Sumsel menjelaskan, pihaknya berterima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas pertanyaan, harapan, imbauan, kritik, saran dan dukungan serta apresiasi yang tinggi yang telah disampaikan oleh Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Sumsel melalui juru bicaranya masing-masing.

Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menyampaikan tanggapan dan atau jawaban Gubernur Sumsel terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi di DPRD Provinsi Sumsel terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Sumsel TA 2019 dalam Rapat Paripurna XIV (14) DPRD Provinsi Sumsel di ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel, Senin (13/7/2020).

Rapat itu sendiri dibuka langsung Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Kartika Sandra Deci.

“Terima kasih juga atas apresiasi yang diberikan semua fraksi atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI terhadap laporan keuangan Pemprov Sumsel TA 2019,” ujar Mawardi.

Lebih jauh, Mawardi menjelaskan, jawaban terhadap pemandangan umum beberapa fraksi di DPRD. Di antaranya dari Fraksi Golkar terkait pencapaian realisasi APBD Provinsi Sumsel sebesar 91,31%.


Pemprov Sumsel akan lebih maksimal dalam mengestimasi pendapatan dan belanja di tahun berikutnya serta dalam pelaksanaan program pembangunan akan selalu mengacu pada program kerja yang telah disusun dan ditetapkan sehingga pencapaian realisasi belanja lebih optimal.

Kemudian terkait kepala sekolah yang telah memasuki masa pensiun dan banyaknya pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah (SMA/SMK) telah melakukan koordinasi dengab BKD Provinsi Sumsel, untuk mengisi jabatan tersebut.

“Saat ini BKD Provinsi sedang melakukan pemetaan dan kajian terhadap kinerja kepala sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam pembinaan dan pengembangan karir,” jelasnya.

Sedangkan mengenai peran Pemprov Sumsel dalam menanggulangi dan mengurangi penyebaran virus Covid 19, menurut mantan Bupati OI ini, Pemprov Sumsel telah melakukan sejumlah langkah.

BACA JUGA :
  1. Lowongan Kerja Khusus Lulusan SMK Tahun 2020
  2. Update Harga Karet Terbaru Per 07 Juli 2020 Wilayah Sumatera Selatan
  3. Ini Dia 6 Fitur WhatsApp Terbaru, Akan Diterapkan Dalam Waktu Dekat
  4. Seluruh Penumpang dan Awak Pesawat Garuda yang Tergelincir di Makassar, Selamat
  5. Bikin SIM se-Indonesia Gratis pada 1 Juli 2020, Ini Syarat dan Caranya
  6. Waspada, Telur Infertil Sempat Ditemukan di Pasaran, Ini Ciri-ciri Telur yang Bahaya Dikonsumsi
Selain upaya promotif melalui sosialisasi kepada masyarakat, skrining di pintu masuk terhadap pendatang dari luar. Kemudian menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penanganan Covid, lanjut Mawardi, Pemprov sudah melakukan berbagai langkah lain.

“Dengan membentuk Tim Gugus Tugas melalui SK Gubernur. Penetapan status tanggap darurat, menyiapkan posko, menyiapkan RS rujukan, membuka rumah sehat Jakabaring, memberi bantuan PCR, meningkatkan jumlah fasilitas pemeriksa spesimen Covid 19 dan banyak lagi lainnya” jelasnya.

Kemudian terhadap pemandangan umum dari Fraksi PDI Perjuangan, Mawardi menjelaskan, terkait banyaknya pimpinan OPD yang saat ini berstatus Plt atau Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan provinsi yang lowong, Pemprov pada tahun 2020 telah menganggarkan kegiatan untuk melaksanakan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggu Pratama Pemprov Sumsel dan akan dipaksanakan pengisian sebanyak 15 JPTP melalui seleksi terbuka ataupun melalui uji kompetensi.

Mawardi juga menanggapi pemandangan umum fraksi Gerindra tentang apresiasi terhadap capaian realisasi PAD yang melebihi target pada tahun 2019 dan peningkatan nilai aset sebesar 12,90 persen dibandingkan 2018. Serta apresiasi atas penanganan kewajiban/utang Pemprov Sumsel yang dilakukan tepat sasaran.

“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi tersebut,” jelasnya. Mawardi juga menanggapi saran dari Fraksi Demokrat untuk lebih kreatif mencari sumber-sumber PAD dari sektor lainnnya.

“Kami sependapat dan hal tersebut telah menjadi perhatian kami untuk selalu berupaya maksimal menggali potensi penerimaan PAD baik dari sektor pajak daerah maupun non pajak daerah,” jelasnya.

Selanjutnya menanggapi pemandangan umum Fraksi PKS terhadap banyaknya keluhan masyarakat yang disinyalir mengalami kesulitan untuk biaya masuk dan biaya daftar ulang sekolah, Pemprov Sumsel telah memberikan solusi dengan Program Sekolah Gratis dan Kuliah Gratis.

Pada tahun 2020 telah dianggarkan sebesar Rp20 miliar pada belanja tidak langsung untuk program tersebut.

“Dengan harapan dapat membantu masyarakat yang mengalami kesulitan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, dan menganggarkan bantuan perlengkapan sekolah dan dalam waktu dekat akan segera didistribusikan,” jelasnya.

Selanjutnya menanggapi pemandangan umum Fraksi Hanura-Perindo, terkait peningkatan nilai aset pada tahun 2019, menurut Mawardi, Pemprov akan melakukan pemberdayaan terhadap aset-aset tersebut sehingga dapat menunjang terjadinya peningkatan PAD Sumsel tahun berikutnya.

 
 
 

Related Post

Krisis Imbas Pandemi Paling Buruk, Tak Bisa Dibandingkan dengan 1998 dan 2008

SINDONEWS

Binsar Pandjaitan Ingin Industri Kecil Menengah Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

MSN.COM

Apa Untungnya Buat Masyarakat, Jika Premium Mau Dihapus?

DETIK

Vaksin Corona Siap Pekan Depan, Top Presiden Putin - Rusia

CNN INDONESIA

Kini Ada Paket Kuota Belajar Telkomsel 10 GB Harga Rp 10

BATUMARTAUPDATE

Lagi Viral Tambal Ban Nota Harga Rp 600 Ribu di Banyuwangi

DETIK

Advertise

ANIS FAIZATUL MUNAWAROH 06-02-2021 Lowongan Kerja PT Ajinomoto Indonesia Terbaru 2021
PT Ajinomoto Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi bumbu masak dengan merk Aji
NU CARE 20-06-2020 Yok Salurkan Fidyah Kita Ke NU Care-LAZISNU
Assalamu'alaikum, Sahabat Peduli !!!Bagi saudara-saudari muslim yang sedang hamil, sakit parah, tua

UKM dan UMKM

Menjual Kopi Nusantara Kopi Asli Semidang Aji Baturaja

E-GEBER.COM

Menjual dan Menerima Repeat Order PECI Motif Batik Yogyakarta, Nyaman di Pakai

E-GEBER.COM

Menjual dan melayani Pemesanan Telur Ayam

MUHAMMAD LUQMANUL HAKIM

MAKLON KOSMETIK

RIO ADYARAKA

Beras Merah Kalbar

WAHYU

Best Rendang Tek Ita

DEDI KURNIAWAN

Tren Konten

Lowongan Kerja JNE Express

DIAN RAHAYU

Lowongan JNE Express Terbaru 2021

FESTMAGZ

Lowongan Kerja di PT Cabinindo Untuk Lulusan SMA, SMK, Sederajad, D3, S1

GANLOP.COM

Artikel

Shopee Bikin Malu, Ada Apa?

TECHBIZ

Ternyata ada Wakaf Produktif, Yok Simak Penjelasannya

BWI

Open Recruitment Indomaret

JOBS KERJA

Kabar Gembira Buat Pelanggan Telkomsel, Kuota 20 GB Cuma Rp 20 Ribu, Ada Juga Link Kuota Gratis 15 GB

MOTORPLUS